top of page
Gambar penulisTeam Ulas Ulik

[REVIEW BUKU PENGETAHUAN] : Etika Lingkungan Hidup Karya A. Sonny Keraf


Shopee.co.id

Judul : Etika Lingkungan Hidup

Penulis: A. Sonny Keraf

Penerbit : Kompas

ISBN : 978-979-709-526-0

Rilis : 2010

Halaman : 408

Ukuran : 14 cm x 21 cm

Berat : 0.5 kg

Penerbit : PT. Kompas Media Nusantara

Harga : Rp 52.800

Bahasa : Indonesia

Rating : 4.8/ 5






Hallo Ulikers! Review buku kali ini berjudul Etika Lingkungan Hidup karya A. Sonny Keraf. Buku ini memang terbit pada tahun 2010 namun masih berguna di tahun 2019 ini.


Seperti yang saat ini kita alami dan resahi, banyak manusia yang tidak bertanggung jawab dengan lingkungan hidupnya. Seperti membuang sampah sembarangan, pencemaran dan kerusakan laut bahkan kerusakan hutan terus meningkat. Contoh penyebab kerusakan lingkungan yaitu kasus Paus Keselek Sampah. Sungguh mengecewakan ya..


Manusia memiliki peran penting untuk menjaga lingkungan hidup. Namun, mengapa sampai saat ini masih ada saja pihak-pihak yang mengabaikan dan bahkan merusak alam? Tentunya, itu semua perlu didasari oleh etika dan moral kita sebagai manusia.


Isi Buku


Buku ini membahas teori-teori etika lingkungan hidup pada bagian pertama, termasuk didalamnya mem­bahas konsep antroposentrisme, biosentrisme, ekosentrisme, ekofeminisme, prinsip-prinsip etika lingkungan hidup, dan hak asasi alam.


Kemudian pada bagian kedua membahas etika lingkungan hidup dan politik lingkungan hidup serta pada bagian ketiga membahas ilmu pengetahuan dan teknologi kaitannya dengan kearifan tradisional dalam mengelola lingkungan hidup.


Kelebihan Buku


Dengan terbitnya buku ini dapat menyadarkan dan mengetahui pentingnya moral dalam menjaga lingkungan hidup. Selain membahas mengenai teori lingkungan hidup, namun juga membahas bagaimana komitmen moral pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup. Buku ini sangat bagus loh Ulikers, karena menuntut perubahan radikal dalam etika masyarakat modern.


Meskipun membahas mengenai teori dan etika. Namun buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit. Selain itu, buku ini memiliki kaitan erat dengan yang terjadi di lingkungan hidup kita, sehingga lebih mudah untuk dimengerti pembahasannya.


Bukan hanya etika dalam berinteraksi dengan manusia namun juga etika dalam mengelola lingkungan hidup juga harus diperhatikan ya Ulikers.





by : Iana Laily Lukluah

786 tampilan0 komentar

Коментари


bottom of page