top of page
Gambar penulisTeam Ulas Ulik

[REVIEW NOVEL] : THE GIRL ON PAPER Karya Guillaume Musso

Diperbarui: 25 Apr 2019


sumber : https://deskgram.net/explore/tags/thegirlonpaper

Judul buku : The Girl On Paper

Penulis : Guillaume Musso

Penerjemah : Yudith Listiandri

Penerbit : Spring

Tebal : 448 hlm

Kategori : Novel Terjemahan

Harga : Rp 85.000

Rating : 4.8/5


THE GIRL ON PAPER


Dalam buku ini menceritakan kisah romance penulis miliader bernama Tom Boyd yang tinggal di Los Angeles. Novel pertamanya meraih urutan pertama dalam penjualan terbaik, dan akan diangkat ke layar lebar. Dia sedang menyusun volume ketiga yang akan diprediksi sama larisnya dengan buku sebelumnya.


Namun hal buruk terjadi padanya ketika Tom Boyd menjalin hubungan dengan pianis cantik, Aurore Valacourt yang berakhir dicampakan. Kabar putusnya hubungan mereka terekspos secara publik.


Tom menderita writer's block, dan tenggelam dalam alkohol dan obat terlarang. Tiba-tiba wanita cantik muncul di teras rumah Tom. Dia mengaku sebagai Billie, karakter dalam novel karya Tom.


Billie terjatuh ke dunia nyata karena kesalahan cetak dalam buku terakhir Tom. Ada seratus ribu buku yang cacat dan akan dihancurkan menjadi bubur kertas, tapi sebagain sudah terlanjur dikirim ke toko buku. Ketika buku tersebut ditarik kembali, hanya berjumlah 99.999 eksemplar yang berhasil dimusnahkan. Namun ada satu buku yang tersisa, apabila buku tersebut lenyap, maka Billie seketika juga akan terhapus dari permukaan bumi.


Awalnya Tom tidak percaya, bagaimana mungkin karakter novel yang ia buat ada di hadapannya saat ini. Billie pun membuktikan pada Tom bahwa ia benar-benar karakter yang Tom ciptakan.


Kemudian Billie menawarkan perjanjian. Jika Tom mau menyelesaikan novel ketiga nya maka Billie akan kembali ke dunianya, sebagai gantinya Billie akan membantu Tom untuk mendapatkan Aurore kembali.Tom menyetujuinya.


Tom dan Billie pun akhirnya memulai perjalanan menuju Meksiko yang penuh dengan rintangan untuk mendapatkan keinginan mereka masing-masing.


HAL MENARIK DARI NOVEL


Selain ide cerita yang menarik dan rasa penasaran yang mengiringi pembaca, di setiap bab, selalu ada kutipan-kutipan yang berkaitan dengan buku, dunia kreativitas, dan juga makna hidup yang sangat dalam.


Guillaume Musso memang selalu luar biasa dalam menyajikan sebuah cerita. Ide penulis dalam membaurkan dunia fiksi dan dunia nyata terasa sangat nyata dan unik.


Novel ini menggunakan dua sudut pandang. Yang pertama adalah sudut pandang orang ketiga, yaitu Guillaume Musso saat bercerita dari sudut pandang Milo, Carole dan beberapa karakter lainnya. Dan yang kedua adalah sudut pandang orang pertama yaitu Tom.


Plotnya sangat rapi dan terjaga. Alurnya maju dengan sesekali mundur ketika Tom, Milo, Carole mengenang masa lalu.


Novel ini mengambil banyak lokasi setting, The Girl On Paper mendeskripsikan secara detail. Suasana dan nuansanya begitu mudah dicerna, seolah pembaca hadir disana pula.


Secara keseluruhan, novel ini memiliki kisah yang menarik. Keputusasaan yang berubah jadi harapan, dan keegoisan yang harus disingkirkan.

Cocok banget buat Ulikers yang suka novel romance fiksi yang unik.


KELEMAHAN


Namun sayangnya novel ini memiliki banyak tokoh yang kadang membuat bingung pembaca.


baca juga review buku karya Tere Liye yang berjudul Komet Minor


Nah, buat Ulikers yang ingin membagikan hasil ulasannya kepada Ulas Ulik boleh untuk mengirimkan artikel keemail kita yang tertera pada halam website ini yaa..




by Iana Laily Lukluah

134 tampilan0 komentar

תגובות


bottom of page